Skip to main content

Defekta dan Pemesanan Barang

Pada menu ini, terdapat daftar pemesanan barang yang telah dilakukan oleh outlet kepada supplier. Anda juga dapat menambahkan, melihat detail, mengubah dan menghapus data pemesanan.

Pada halaman ini, terdapat 2 tab panel yang masing-masing memiliki tampilan dan fiturnya masing-masing, dengan penjelasan sebagai berikut.

NoTab/PanelFungsiKeterangan
1Daftar Pesanan BarangDaftar Pesanan BarangMelihat dan mengelola daftar pesanan barang yang telah dibuat.
2Daftar Defekta BarangDaftar Defekta BarangMelihat daftar barang yang dapat dipesan oleh outlet.

Penjelasan dari masing-masing tab panel di atas dijelaskan pada sub-sub bagian berikut.

Melihat Daftar Pesanan Barang​

Anda dapat melihat daftar pemesanan dengan memilih tab panel Daftar Pesanan Barang. Akan tampil tabel daftar pemesanan barang yang berisi informasi mengenai nomor pesanan, tipe pemesanan, tanggal, supplier dan status pemesanan.

Terdapat beberapa icon dan tombol yang ada pada tabel ini, dengan penjelasan sebagai berikut.

NoIconFungsiKeterangan
1DownloadDownloadMendownload data pemesanan ke dalam file excel.
2UbahUbahMengubah informasi dan daftar barang pada pemesanan barang.
3Hapus OrderHapus Order Menghapus data pemesanan barang.
4KunciKunci/CloseMengunci atau menutup data pemesanan barang.

Penjelasan masing-masing fitur di atas akan dijelaskan pada sub-sub bagian berikut.

Menambahkan Barang Pada Pemesanan Baru​

Anda dapat menambahkan nama barang baru dengan mengklik tombol Melihat Daftar Barang. Akan tampil halaman yang berisi form input untuk menambahkan nama barang baru.

Untuk menambahkan barang pada pemesanan, Anda dapat mengklik icon Edit pada barang yang dipilih. Akan muncul sebuah pop up yang berisi input untuk menambahkan pesanan. Penjelasan dari masing-masing input, sebagai berikut.

NoInputIsian / PilihanKeterangan
1Qty Dipesan> 0 (angka)Jumlah barang yang akan dipesan kepada supplier.
2Satuan Dipesan(satuan barang)Satuan barang yang akan dipesan kepada supplier.
3Alias Nama Barang(alias nama barang)Alias nama barang yang digunakan pada pemesanan kepada supplier.
4Tipe PembelianRegulerPemesanan dengan tipe pembelian reguler.
Obat-obat TertentuPemesanan dengan tipe pembelian obat-obat tertentu.
PrekursorPemesanan dengan tipe pembelian prekursor.
5Zat Aktif(zat aktif)-
6Bentuk Kekuatan Sediaan(bentuk kekuatan sediaan)-
7Keterangan(keterangan pemesanan)
Note

Untuk melakukan pemesanan barang pada outlet, pastikan bahwa outlet tersebut telah melengkapi SIPA, SIA dan APJ (Apoteker Penanggung Jawab) agar dapat melakukan pemesanan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SIPA, SIA dan APJ (Apoteker Penanggung Jawab) dapat dilihat pada menu Pengaturan Sistem > Outlet.

Setelah mengisi input di atas, terdapat daftar untuk memilih supplier yang dituju. Daftar supplier berisi informasi mengenai nama supplier, tanggal pemesanan terakhir, harga pemesanan terakhir dan status order.

Untuk memilih supplier yang diinginkan, klik tombol Order untuk memasukkan barang tersebut pada pemesanan baru. Pada saat memilih supplier pada daftar supplier, supplier yang telah dipilih untuk memesan barang akan memiliki latar belakang warna hijau dan open order.

Serta tampilan barang pada tab panel Melihat Daftar Barang akan berisi nomor pesanan pada kolom open order.

Pemesanan barang tersebut secara otomatis akan muncul dengan status β€œOPEN” dan dapat dilihat di daftar pesanan pada tab panel Daftar Pesanan Barang.

Jika ingin menambahkan barang pada pemesanan tersebut, ulangi langkah-langkah di atas.

Note

Barang yang diinput dengan tipe pembelian dan supplier yang sama, secara otomatis akan masuk ke dalam nomor pesanan yang sama dengan barang yang telah diinputkan sebelumnya, selama pemesanan tersebut belum dikunci atau dihapus.

Mengubah Data Pemesanan Barang​

Untuk mengubah data pemesanan barang yang telah diinput, Anda dapat mengklik icon Daftar Pesanan Barang pada data pemesanan barang. Akan muncul halaman untuk mengubah data pemesanan.

Input yang dapat diisi seperti Nama APJ (Apoteker Penanggung Jawab), SIPA, SIA dan Catatan Order. Untuk mengubah informasi barang yang dipesan, klik icon Ubah pada barang tersebut, akan muncul pop up yang memiliki isian yang sama seperti pada saat memasukkan barang ke dalam pemesanan.

Menghapus Nama Barang Dari Master Data Barang​

Anda dapat menghapus nama barang dengan mengklik tombol Delete. Akan muncul dialog konfirmasi terlebih dahulu.

Jika Anda menyetujui penghapusan nama barang tersebut, klik "Ya, Hapus". Jika proses penghapusan berhasil, maka akan muncul notifikasi penghapusan nama barang.

Note

Aksi ini akan menghapus data pemesanan beserta dengan barang-barang dari pemesanan tersebut.

Mengunci Pemesanan​

Anda dapat mengunci pemesanan dengan mengklik icon Kunci pada data pemesanan. Akan muncul dialog konfirmasi, kemudian klik β€œYa, Kunci!” untuk melanjutkan penguncian pemesanan tersebut.

Note

Pemesanan barang yang telah dikunci, tidak dapat diubah maupun dihapus/dibatalkan. Jika setelah penguncian pemesanan tersebut Anda memasukkan barang lagi dalam pemesanan dengan tipe pembelian dan supplier yang sama, maka barang tersebut akan dibuatkan nomor pesanan baru dan tidak akan masuk ke pemesanan yang telah dikunci tersebut.